New Picture 3

Ilustrasi: Mahkamah Syari’ah

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Dirjen Badilag mengeluarkan surat nomor 1535/DJA/KP.04.6/4/2020 perihal Pelaksanaan Profile Assessment dan Fit& Proper Test Calon Wakil Ketua MS/PA Kelas IB dan Kelas II. Proses pemilihan calon pimpinan pengadilan ini akan dilakukan secara online, mengingat prosedur kesehatan pencegahan Covid19 harus ditegakkan, sehingga tidak memungkinkan kegiatan dilaksanakan sebagaimana biasanya.

Kebutuhan organisasi terkait rekrutmen pimpinan pengadilan memang mendesak untuk dilaksanakan, mengingat banyaknya posisi pimpinan pengadilan yang masih kosong, sehingga berpotensi menghambat jalannya organisasi pengadilan. Seleksi akan dilaksanakn terhadap 86 Calon Wakil Ketua MS/PA Kelas IB dan dan 115 Calon Wakil Ketua MS/PA Kelas II

Tahapan Seleksi

Tahapan pelaksanaan kegiatan ini sudah dimulai sejak 7 Februari lalu dengan diumumkannya peserta seleksi, dilanjutkan pada tanggal 26-30 April 2020 pengisian lembar riwayat hidup pegawai dan pengunggahan video diskripsi diri dan jabatan serta foto peserta. Proses ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Profile Assessment peserta yang dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2020 bagi calon pimpinan pengadilan agama kelas IB dan tanggal 5 Mei 2020 bagi calon pimpinan pengadilan agama kelas II, Profile Assesment dilaksanakan oleh PPSDM Consultant, sebuah lembaga konsultan psikologi dan pengembangan sumber daya manusia yang memiliki pengalaman konseptual maupun implementatif dengan anggota para akademisi dari berbagai perguruan tinggi.

Tahapan selanjutnya yang harus dilewati peserta seleksi adalah Fit & Proper Test yang akan dilakukan oleh tim penguji dari Mahkamah Agung RI. Tahapan ini akan dilaksanakan dari tanggal 11 s/d 14 Mei 2020. Mengingat pelaksanaan secara online baru pertama kali dilakukan, untuk persiapan dan kelancaran kegiatan, simulasi dilakukan pada tanggal 6 s/d 8 Mei 2020. Tim penguji dari Mahkamah Agung terdiri dari 9 orang, antara lain Dirjen Badilag, Kepala Badan Pengawasan, Kepala Badan Diklat Kumdil, KPTA, Dirbinganis dll. Adapun materi yang akan diujikan adalah mengenai Visi & Misi serta Kebijakan Mahkamah Agung, Manajemen Pembinaan dan Pengembangan SDM, Manajemen Pengawasan, Manajemen Peengembangan Kediklatan, Hukum Acara Peradilan Agama, Hukum Acara Gugatan Sederhana, Hukum Acara Jinayah, Membaca Kitab Kuning, Hukum Keluarga, Kewarisan, Wakaf, Hibah, Zakat, Sodaqoh dan Ekonomi Syari’ah, Tugas Pokok dan Fungsi Ditjen Badilag dan Kebijakan Pembinaan Administrasi Peradilan Agama.

Pelaksanaan Secara Online

Untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan secara online ini, Dirjen Badilag juga memerintahkan kepada pimpinan pengadilan dimana peserta seleksi berada untuk memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana, memberikan izin dan bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan kepada peserta dari satker lain yang mengajukan permohonan pinkam tempat ujian di MS/PA, menugaskan satu orang Pejabat (Pimpinan/Hakim/Panitera/Sekretaris) untuk mengawasi dan memantau pelaksanaan kegiatan, serta menugaskan tim IT untuk mempersiapkan dan memastikan sarana dan prasarana pendukung bekerja optimal. (ahb)

Untuk petunjuk teknis yang lebih detil silahkan buka link berikut ini:

https://drive.google.com/file/d/1Vz9b57bED8iR1rfrQuo1EQjQu9cSXjdP/view?usp=sharing.

Link:

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 7 0 9 3 5
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
0
263
170935
0
11188
23030
170935
IP Anda : 34.204.193.85
2020-06-02 00:52